oleh

Kampung Langsat Permai Gelar Upacara HUT RI ke 75, Parade Pakaian Adat Hingga Atraksi Ditampilkan

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Meski di tengah pandemi Covid-19, ternyata tidak menyurutkan semangat masyarakat Kampung Langsat Permai, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun 2020 di lapangan Bola Kaki, Senin (17/8/2020). Tentunya, kegiatan itu dilakukan sesuai protap kesehatan.

Acara seperti ini sudah lama tidak dilakukan di Kampung tersebut. Setidaknya, sudah sepuluh tahun masyarakat Kampung Langsat Permai rindu dengan kebiasaan cara mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjuang tempo dulu.

Sebelum upacara dimulai, semua peserta memasuki lapangan upacara dengan menggunakan berbagai macam pakaian adat yang ada di Kampung itu. Berbagai jenis perlombaan pun menambah semaraknya HUT RI tahun ini. Mulai lomba kebersihan dan keindahan lingkungan serta gapura di setiap dusun digelar di sana.

Baca Juga :  KIP Provinsi Riau Beri Pemahaman Keterbukaan Informasi Publik Kepada Kepala Desa se-Rohil

Pernak-pernik HUT RI ke 75 sangat terlihat jelas di sana. Mulai perbatasan masuk Kampung hingga di sepanjang jalan dipenuhi hiasan yang indah nan unik. Ada gapura Jogja, dan ada pula gapura yang dipenuhi dengan hasil panen di Kampung tersebut. Antusias masyarakat sangat tinggi pada momen kali ini.

“Selama sepuluh tahun di Kampung Langsat Permai tidak melaksanakan upacara HUT RI di Kampung sendiri. Sebenarnya, masyarakat sudah sangat rindu, karena dengan cara inilah mereka bisa mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan NKRI,” kata Penghulu Kampung Langsat Permai Pujianta kepada Publiknews.com usai acara.

Baca Juga :  Demi Selamatkan Nyawa Penambang Pasir, Kapolsek ini Berlutut Memohon Belas Kasih

Pujianta juga menjelaskan, untuk memeriahkan HUT RI ke 75 itu, pihaknya mengadakan berbagai perlombaan.

“Kami juga mengadakan lomba kebersihan dan keindahan lingkungan dan lomba pembuatan gapura di setiap dusun,” tambahnya.

Sebagai masyarakat, Syamsir berharap, agar kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun di Kampung tersebut. Menurutnya, dengan cara inilah masyarakat mengenang jasa para pahlawan.

“Kalau upacara di Kampung sendiri seperti ini menyentuh langsung dengan masyarakat. Karena, dengan cara seperti ini yang bisa dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan terdahulu. Saya berharap, kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” kata Syamsir yang berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Dugaan Langgar Aturan Rekrut Tenaga Kerja oleh PT Truba, Ketua PK-KNPI Tualang: Minta Pihak Terkait Lakukan Penelusuran



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar