Hadiri Rakornas P2DD di Jakarta, Alfedri: Siak Sudah Terapkan Digitalisasi Keuangan

JAKARTA, PUBLIKNEWS.COM – Bupati Siak Alfedri menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) tahun 2023, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Rakornas P2DD tahun 2023 tersebut mengangkat tema Sinergi Nasional Akselerasi Digitalisasi Daerah untuk Indonesia Maju dan dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartanto, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia serta tamu undangan lainnya.

Saat ditemui seusai mengikuti Rakor P2DD tahun 2023, Bupati Siak Alfedri mengatakan bahwa ia hadir di acara Rakornas P2DD tahun 2023 di Jakarta.

“Alhamdulillah hari ini saya bersama Gubernur dan Bupati Walikota se-Indonesia berkesempatan hadir pada acara Rakor P2DD tahun 2023. Pada acara itu dihadiri oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Gubernur Bank Indonesia, dan mendengarkan secara langsung arahan Wakil Presiden Republik Indonesia melalui Virtual”, kata Alfedri kepada wartawan.

Alfedri menjelaskan, Rakornas P2DD merupakan rakor percepatan perluasan digitalisasi daerah. Dimana setiap daerah diminta untuk mempercepat digitalisasi transaksi keuangan. Karna dengan digitalisasi transaksi keuangan maka transaksi keuangan dapat lebih dipertanggungjawabkan.

“Apabila berkaitan dengan penerimaan keuangan daerah, penerapan digitalisasi keuangan akan meningkatan penerimaan daerah, karna pembayarannya menjadi lebih mudah dan efisien,” tambahnya.

Terkait dengan penerapan digitalisasi keuangan, Pemerintah Kabupaten Siak sudah penerapan digitalisasi transaksi keuangan daerah, diantaranya adalah seluruh transaksi keuangan daerah di Kabupaten Siak sudah non tunai semua.

“Salah satu contoh penerapan digitalisasi Keuangan di Kabupaten Siak yakni pembayaran pajak daerah sudah bisa menggunakan QRIS, Pembayaran PBB dapat dilakukan di teler yang merupakan salah satu bentuk semi digital, pembayaran QRIS juga sudah dapat dilaksanakan di rumah makan dan toko-toko yang ada di Kabupaten Siak,”jelasnya.

Dalam arahannya, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’aruf Amin meminta agar adanya peningkatan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi daerah.

Kemudian, Ma’ruf Amin juga meminta pemerintah daerah agar segera menetapkan regulasi pasca penetapan UU Nomor 1 2022 tentang hubungan keuangan pusat dan daerah maupun dalam rangka penguatan kebijakan P2DD.

“Perda pajak daerah dan retribusi daerah serta Perkara kartu kredit Indonesia agar segera diterbitkan untuk mendukung peningkatan kualitas belanja Pemda,” ucapnya.



Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar