oleh

BNN Riau Berhasil Gagalkan Penyelundupan 8 Kilogram Sabu dari Malaysia

PEKANBARU, (Publiknews.com) – Sebanyak 8 kilogram sabu dari Malaysia berhasil diamankan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau. Barang haram itu rencananya akan dibawa ke Palembang dan Pulau Jawa.

Baca Juga :  Pria Asal Tualang Siak, Ditangkap Polisi Karena Narkoba

Kepala BNNP Riau, Brigjen Untung Subagyo menyatakan, penyelundupan barang haram ini berhasil digagalkan dari sebuah mobil yang ditumpangi 3 orang. “Barang haram itu diamankan dari sebuah mobil yang ditumpangi 3 orang pria berinisial S, A dan R. Penangkapan dilakukan di Jalan Sekuntum, Kecamatan Tenayan Raya, Rabu lalu (14/8),” kata Untung kepada wartawan, Senin (19/8) di kantor BNNP Riau, jalan Pepaya, Kota Pekanbaru.

Saat itu, tim yang dipimpin Kabid Pemberantasan Narkoba, Kombes Pol Iwan Eka Putra, melakukan pembuntutan terhadap mobil pelaku dan melakukan penyergapan disana,” Untung Subagyo, menjelaskan.

“Ketiga pria dan barang bukti langsung dibawa ke kantor untuk proses penyidikan. Dari hasil pemeriksaan lebih lanjut, hanya satu orang saja yang kita tetapkan tersangka, yaitu S sebagai kurir. Sedangkan R dan A statusnya sebagai saksi,” tuturnya.

Dari hasil penggeledahan, petugas menemukan 8 kilogram sabu yang dibungkus dengan plastik warna kuning emas dan hijau yang diletakkan di dalam tas ransel hitam. Tas itu didapatkan di dalam bagasi mobil tersebut.

Baca Juga :  Masuk DPO, Pengendali Sabu 19 Kg Akhirnya Diringkus di Pekanbaru

Untung beralasan, R dan A tidak dapat ditetapkan tersanga karena tidak ditemukan bukti kuat bahwa mereka juga turut serta dalam tindak pidana kejahatan luar biasa ini.

“Mereka tidak tahu kalau ada barang di dalam mobil dan tujuan mereka berbeda dengan tersangka. Makanya mereka ditetapkan sebagai saksi,” jelasnya.

Untuk saat ini, S sudah ditahan di kantor BNNP Riau guna penyidikan lebih lanjut. Petugas masih mengembangkan siapa pemilik barang dan pembeli barang tersebut.

“Ini masih kita lacak dari handphone yang digunakannya. Kita mengalami kendala karena 2 jam setelah penangkapan video ini viral. Sehingga proses pengembangan jadi terhambat,” katanya.

Sebelumnya, video berdurasi sekitar 5 menit berisi penangkapan 3 pria di pinggir jalan viral di media sosial, pekan lalu. Tampak mobil sedan dihadang oleh petugas berpakaian preman yang menggunakan sepeda motor dilengkapi senjata api laras panjang.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar