oleh

Pleno KPU, Tiga Paslon Memenuhi Syarat, Siap Bertarung di Pilkada Siak

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Hasil rapat pleno yang digelar tertutup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak bersama Bawaslu dan LO masing-masing kandidat, dinyatakan tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Siak memenuhi syarat untuk bertarung di Pilkada serentak.

Pleno tertutup digelar di Gedung KPU Kabupaten Siak pada Rabu (23/9/2020) sekitar pukul 10.00 WIB. Dan telah disepakati, tidak ada massa dari masing-masing Paslon. Tidak hanya saat penetapan paslon, saat pencabutan nomor urut yang digelar di gedung Tengku Mahratu pada Kamis (24/9), juga tidak ada massa karena dalam situasi pandemi Covid-19.

Demikian dikatakan Ketua KPU Siak Ahmad Rizal didampingi Ketua Bawaslu Royani. Disebutkannya, tiga Paslon yang ditetapkan Alfedri dengan Husni Merza, Said Arif Fadilah dengan Sujarwo dan Sayed Abu Bakar Assegaf dengan Reni Nurita.

Baca Juga :  Jalankan Permenkes RI dan Pergub Riau, Kabupaten Siak Berlakukan PSBB

“Sejak 4-22 September kami telah melakukan penerimaan pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, penelitian syarat calon dan penelitian pencalonan,” jelasnya Ahmad Rizal.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Siak M Royani mengatakan, tahun ini suasana berbeda dengan tahun sebelumnya. Mewabahnya Covid-19, menjadi salah satu alasan pelaksanaan Pilkada harus menghindari jumlah massa.

“Pilkada tahun ini tidak seperti Pilkada lalu. Masalah Corona yang membuat kita fokus dalam pengumpulan massa. Semua kandidat tidak dibolehkan membawa massa melibihi dari ketentuan,” kata Royani.

Dari Personel Polres Siak melakukan pengamanan maksimal di gedung KPU. Tidak hanya sampai di situ, beberapa titik dan ruas jalan juga ditutup untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Sidang Penanganan Pelanggaran Administrasi Pemilu Acara Cepat di Siak Berlangsung Alot

“Dengan kekuatan maksimal kami memastikan proses penetapan berjalan lancar, aman dan terkendali,” ungkap Kapolres AKBP Doddy Ferdinan Sanjaya.

Disebutkannya, pihaknya menurunkan tidak hanya personel Samapta, tapi juga Lantas dan Intel Polres dan Polsek Siak.

Laporan: Koko

 


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Dipanggil Hearing Soal HGU dan Pajak di DPRD Siak, PT DSI Mangkir



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar