Sebanyak Enam Jasad Korban Gunung Meletus Selandia Baru Berhasil Dievakuasi



SELANDIA BARU, (Publiknews.com) – Tim militer Selandia Baru memakai masker gas dan pakaian khusus menemukan enam jasad di pulau gunung berapi pada Jumat (13/12). Gunung itu meletus pada awal pekan ini dan menewaskan beberapa turis yang berkunjung ke sana.

Delapan orang dari tim penjinak bom dikerahkan sebelum fajar dan menghabiskan waktu empat jam di White Island yang sewaktu-waktu dapat meletus kembali. Enam dari delapan jasad di pulau itu telah dapat ditemukan dan dibawa ke kapal patroli angkatan laut untuk dikirim ke daratan utama untuk identifikasi korban bencana.



“Hari ini semuanya tentang membawa pulang mereka pada orang yang mereka cintai,” ungkap Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern saat konferensi pers di Whakatane, kota pantai yang menjadi tempat 100 keluarga dan warga lokal berdoa untuk para korban.





Ardern menambahkan, “Kami tahu bahwa reuni tidak akan mudah bagi mereka yang kehilangan dan menderita karena saya tidak berpikir apapun selain merasa berkewajiban sebagai warga Selandia Baru untuk membawa pulang orang-orang yang mereka cintai.”

Tim tak dapat menemukan dua jasad yang masih hilang karena peralatan pelindung yang dipakai memperlambat operasi pencarian korban.

Kepolisian menyatakan tim penyelam dikerahkan di perairan sekitar pulau yang oleh warga lokal Maori disebut Whakaari. Namun tim penyelam tak menemukan apapun dan akan mencoba lagi pencarian di laut pada Sabtu (14/12). “Ini belum berakhir,” papar Kepala Kepolisian Selandia Baru Mike bush di Whakatane, 50 km barat pulau itu.(sindonews)

Editor: Ge. Setiawan



loading...


Loading...

Komentar

Tanggapan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed