Terekam CCTV, Harimau Berkeliaran di Toserba Suak Lanjut Siak, Ini Penjelasan BBKSDA Riau

Peristiwa, Siak1,589 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau membenarkan hasil rekaman seekor harimau sumatera dari CCTV Toko Sinar Sanjaya milik Hasan di Belantik, Kampung Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, sekitar pukul 03.00 WIB dini hari Sabtu (21/1/2023).

Video berdurasi 17 detik itu memperlihatkan harimau sumatera sedang berjalan sendirian Sejak siang tadi, video itu denganhar cepat menyebar melalui pesan WhatsApp warga Siak. Meski awalnya video itu belum bisa dipastikan kebenarannya, namun BBKSDA Riau akhirnya membenarkan video tersebut.

“Ya, saya juga sudah lihat videonya. Informasi yang kita peroleh dari tim, pihak kepolisian dan Pemkab Siak, memang benar video itu berada di Belantik. Bisa jadi, harimau itu balik lagi ke jalurnya, setelah sempat dari Hutan Kota Arwinas,” kata Kepala BBKSDA Riau, Genman S Hasibuan melalui Kepala Seksi Wilayah IV, Gunawan dikutip dari Riauin.com, Sabtu (21/1/2023).

Sore ini, tim BBKSDA Riau dan BPBD Siak akan melakukan survei di sekitar lokasi yang diduga sebagai lokasi perjumpaan. Saat ini telah terpasang 3 unit kamera trap di Desa Suak Lanjut dan rencana juga mau dipasang di Hutan Kota Arwinas.

Kemudian, tim BBKSDA Riau juga memasang perangkap harimau dengan meletakkan seekor kambing sebagai umpan di Hutan Kota Arwinas.

“Tim sedang bekerja untuk memasang perangkap besi. Umpannya kita ganti dengan kambing. Awalnya ayam. Nanti kita pasang kamera trap mengarah ke perangkap yang dipasang. Satu lagi kamera di sisi lain. Kemudian, ada 3 kamera yang stand by di luar Hutan Kota,” jelas Gunawan.

Dia mengingatkan masyarakat melalui pihak RT, RW dan kampung untuk mengurangi aktifitas di malam hari. Khususnya di lokasi tempat ditemukannya satwa liar ini.

“Kita imbau masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di malam hari khususnya di lokasi tempat ditemukannya jejak diduga milik satwa liar itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Siak AKBP Ronal Sumaja melalui Kapolsek Siak Kompol Syafril menyampaikan apa yang dibuat Nur Aisyah di akun Facebook bukan kategori informasi bohong alias hoax.

“Ibu Nur Aisyah ngak bohong,” jawab Kapolsek, setelah mendalami hasil video CCTV milik Hasan.

 

Editor: Koko Haryadi

 

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar