Ini Tiga Anggota DPR RI yang Bawa Istri Lebih dari Satu saat Pelantikan

JAKARTA, (Publiknews.com) – Para anggota DPR periode 2019-2024 ternyata banyak yang berstatus poligami (poligini) yaitu memiliki istri lebih dari satu. Yang menarik, para anggota DPR poligamor itu secara terang-terangan membawa istri-istrinya saat dilantik sebagai wakil rakyat, meski ada yang malu-malu.

Siapa saja mereka? Ahmad Hadil Muzakki Syah yang akrab dipanggil Lora Fadil. Putra KH Muzakki Syah Jember Jawa Timur ini membawa tiga istrinya saat dilantik sebagai anggota DPR RI, Senin (30/9/2019). Mantan anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang kini melenggang ke Senayan lewat Partai Nasdem ini terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Jawa Timur yang meliputi Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso.

Andi Sukma bersama para istri dan anak-anaknya. (Foto: Istimewa)

Ra Fadil yang lahir 21 Oktober 1979 itu memiliki tiga istri yang hidup dalam satu rumah. Istri pertamanya bernama Aminah. Ia menikahi Aminah pada 1998 yang kemudian dikarunia tiga orang anak.

Sembilan tahun kemudian Ra Fadil menikah lagi dengan wanita bernama Yeni Kurnia. Gadis asal Bangsalsari Jember ini masih kuliah di perguruan tinggi swasta. Karena sama-sama tertarik akhirnya mereka menikah.

Nahwani bersama para istrinya. (Foto: Istimewa)

Tak lama kemudian Ra Fadil menikah lagi dengan Novita Kusumangingrum. Namun tak ada protes berarti baik dari istri pertama maupun kedua. Mereka bahkan hidup rukun dalam satu rumah.





Ra Fadil sangat terbuka tentang ketiga istrinya itu. Ia bahkan sering diwawancarai wartawan terkait dengan istri-istrinya. Karena itu tak heran, ketika dilantik menjadi anggota DPR ia membawa tiga istrinya itu secara terbuka.

Selain Ra Fadil, Andi Sukma juga membawa tiga istri saat dilantik sebagai wakil rakyat. Hanya saja Andi anggota DPRD, bukan anggota DPR Pusat. Pria yang berangkat dari Partai Hanura itu kini jadi anggota DPRD Kabupaten Luwu Utara Periode 2019-2024. Ia dilantik pada Selasa (27/8/2019) lalu.

Ia sebenarnya punya empat istri tapi saat dilantik hanya tiga istrinya yang hadir. “Yang hadir hanya tiga orang, yang satu Helmi berada di luar daerah dan tidak sempat hadir, masing-masing yang hadir adalah Dayati, Hermawati, dan Uswa Jamil,” kata Andi kepada wartawan, Kamis (29/8/2019

Ia kini memiliki 12 anak dari para istrinya yang hidup rukun itu. Andi bukan kali ini saja jadi anggota DPRD. Pada tahun 2009, ia juga dilantik sebagai anggota DPRD. Namun saat itu hanya membawa dua istrinya. “Jadi kalau tahun ini ada tiga saya bawa ke pelantikan, dan kalau dulu tahun 2009 saya bawa 2 orang,” kata Andi kutip dream.co.id.

Anggota DPRD lain yang juga membawa tiga istri saat dilantik adalah Nahwani. Ia dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) periode 2019-2024, Senin (30/9/2019) lalu. Namun berbeda dengan Ra Fadil dan Andi yang terbuka, Nahwani yang kader PKB itu cenderung tak mau banyak bicara ketika diwawancarai wartawan.

“Iya, datang semua (tiga istrinya),” kata Nahwani sembari sembari tersenyum. Ia minta maaf dan langsung bergegas pergi karena ada pekerjaan lain.

Dari pantauau Publiknews.com, sebenarnya masih banyak anggota DPR RI yang poligamor alias memiliki istri lebih dari satu. Tapi saat dilantik sebagai anggota DPR mereka hanya bawa satu istri.(bangsa)

Editor: Ge. Setiawan




Loading...
Baca Juga :  Kementerian Hukum dan HAM akan Resmikan Dua Lapas Baru di Riau

Komentar

Tanggapan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed