Hearing Perdana HGB Ika Daya, Ternyata Menarik Perhatian Dewan Siak

SIAK, (Publiknews.com) – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak, Riau dalam hearing perdana masalah Hak Guna Bangunan (HGB) milik PT Ika Daya Yakin Mandiri ternyata menjadi perhatian Dewan. Pasalnya, selain baru mengetahui ada HGB di tengah Pusat Kota, Dewan juga merasa bingung menilai status kepemilikan lahan dan berapa luas yang tersisa saat ini.

“Ini sangat menarik untuk dibahas dalam hearing kali ini. Selain HGB di tengah pusat kota, jumlahnya sampai saat inipun tak tahu berapa,” kata Ketua DPRD Siak Indra Gunawan dalam Hearing Senin, (24/6/2019) di ruang makan DPRD Siak.

Sidang yang dipimpin Muhatrom itu sempat beradu argumen antara anggota komisi II DPRD dengan pemilik izin HGB.

“Saya tanya sama anda, gimana kronolagis perusahaan dalam mendapatkan lahan HGB itu. Tolong anda jelaskan secara rinci di rapat ini,” lontar Samsurijal anggota Komisi II kepada Baseng Cs.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh BPN Siak juga dapat sanggahan dari pihak PT Ika Daya. Hal itu, tentu menimbulkan pertanyaan baru bagi seluruh Dewan dan OPD yang ada.





“Bukan 80 lebih, tapi saat ini tinggal 50 hektare saja,” cela Baseng membantah penjelasan data dari Selamet Sutrisno perwakilan BPN Siak.

Sebelum menutup sidang, ketua DPRD Siak Indra Gunawan meminta, agar pada pertemuan hearing berikutnya pembahasan berdasarkan data. Menurutnya, jika tidak sesuai data pembahasan itu sia-sia saja.

“Untuk hearing berikutnya, saya berharap anggota Komisi II, OPD dan pihak PT Ika Daya Yakin Mandiri melengkapi datanya. Supaya masalah ini bisa selesai dengan gamblang,” kata Indra.

Pantauan di lapangan, hearing yang dimulai sejak pukul 10:30 WIB itu berjalan sangat alot. Hadir dalam acara itu, ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Wakil ketua I DPRD Siak Sutarno, anggota Komisi II Muhtarom, Samsurijal, Zulfaini, Sumariyo, Sujarwo, dan beberapa OPD Siak Kabak Hukum Pemkab Siak Jon Effendi, Bagian Aset Daerah Iwan, Kepala Bagian pertanahan Siak Romi Lesmana, perwakilan dari BPN Siak Selamet Sutrisno, Sekretaris BKD Siak Muzammil, Sekretaris Pertanian Siak Suparni, Camat Siak Aditya Citra Semara, Lurah Kampung Dalam Andri Auzar dan pihak PT Ika Daya Yakin Mandiri Baseng.

Laporan : Koko




Loading...
Baca Juga :  Minimnya Penempatan Tenaga Kerja Lokal, Komisi IV DPRD Siak Panggil PT Truba dan Indah Kiat

Komentar

Tanggapan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed