oleh

Berikut Beberapa Tips untuk Orang Tua yang Ajak Anaknya Mendaki Gunung

TRAVELER, (Publiknews.com) – Mendaki gunung bukan hanya kegemaran yang dilakukan oleh orang dewasa. Tidak sedikit anak-anak yang senang dengan kegiatan mendaki gunung tersebut.

Meski demikian, kebiasaan anak mendaki gunung biasanya akan didampingi oleh orang tuanya. Selain itu, terdapat juga orang tua yang memang senang mengajak anak dan keluarganya untuk mendaki gunung.

Baca Juga :  4 Kisah Pendaki yang Sempat Tersesat di Gunung

Menurut alumni dari komunitas pecinta alam Trupala SMA Negeri 6 Jakarta, Aulia Ibnu, pendakian yang dilakukan orang tua dan anak memang sudah marak saat ini. Namun, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan orang tua saat mengajak anaknya mendaki gunung.

1. Butuh Ilmu

Pendakian memang bukan kegiatan yang dapat dilakukan dengan sembarangan. Ilmu soal pendakian tentu saja dibutuhkan bagi setiap orang yang ingin melakukan kegiatan tersebut.

Aulia mengatakan, orang tua perlu untuk mempelajari ilmu menaiki gunung. Selain soal teknik dan kebutuhan, ilmu itu juga termasuk soal penyakit yang rentan menyerang seseorang saat berada di ketinggian.

“Orang tua perlu untuk mempelajari ilmu soal pendakian, ini penting juga untuk menambah pengetahuan mereka saat berada di gunung,” ujarnya.

2. Pelajari Literatur Gunung Yang Dituju

Tentu saja seseorang harus mempelajari soal medan dari gunung yang ingin ditujunya. Hal itu bertujuan supaya mereka mendapat gambaran dan melakukan persiapan yang matang sebelum mendaki.

Literatur sebuah gunung memang perlu diketahui. Hal itu juga berpengaruh soal ketersediaan air di atas gunung. Saat sudah mempelajari soal literatur gunung, seseorang dapat mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan seperti tali atau di mana tempat air tersedia di gunung tersebut.

3. Persiapan Harus Memadai

Perlengkapan dan persiapan memang harus memadai. Hal itu dipengaruhi juga oleh faktor cuaca yang sering tidak menentu di atas ketinggian.

“Orang tua harus menyediakan pakaian saat cuaca dingin, jas hujan saat cuaca memang hujan hingga persiapan untuk tidur,” ucapnya.

Saat salah satu barang tersebut tidak lengkap, tidak menutup kemungkinan nyawa seseorang yang menjadi taruhannya. Tidak menutup kemungkinan juga seseorang dapat terkena hipotermia akibat kedinginan.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar