oleh

Awal Musim Panen, Harga Gabah Anjlok, Petani Bungaraya Mengeluh

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Setiap hari harga gabah semakin merosot di Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau. Padahal, jika dibandingkan dengan tahun lalu harga gabah bisa stabil hingga akhir musim panen.

Namun, untuk musim panen tahun ini kemerosotan harga gabah sangat dirasakan. Baru awal panen, harga sudah mulai merosot jauh hingga membuat sebagian petani mulai mengeluh.

Seperti yang dikeluhkan Andreyon (28) salah satu petani di Kampung Bungaraya ini, ia mengeluh dengan merosotnya harga gabah saat ini. Ia juga membandingkan dengan harga gabah tahun lalu.

Baca Juga :  Hearing Soal Kasus Selingkuh Penghulu Langkai, DPRD Siak Rekomendasikan ke Pemkab Agar Diberhentikan

“Untuk saat ini harga gabah jenis Logawa di lapangan Rp3700, sementara awal panen kemarin masih Rp4200. Kalau turun terus seperti ini, gimana nasib petani nanti. Jangankan dapat untung, untuk mengembalikan modal menggarap aja udah sukur. Kalau tahun lalu, dari awal sampai akhir panen harga masih stabil,” kata Andre pemuda yang mengadu nasib dengan bertani kepada Publiknews.com, Selasa (06/7/2021) petang.

Andre juga menjelaskan, tahun lalu ada penurunan harga, menurutnya masih stabil. Sehingga, petani masih bisa diuntungkan hingga akhir musim panen.

“Panen tahun kemarin ada penurunan harga juga sih, tapi masih stabil diangka Rp4000 paling rendah itupun terjadi diakhir musim. Tapi kalau sekarang, baru awal sudah anjlok kayak gini,” tambahnya.

Baca Juga :  Ini Titik Lokasi Tes CPNS di Siak

Senada juga disampaikan petani lainnya Saniri, ia juga mengatakan jika masalah anjloknya harga padi terjadi diawal musim panen, bagaimana dengan akhir musim nanti. Menurut Saniri, masalah anjloknya harga gabah, akan mempengaruhi minat petani untuk bertanam padi kembali pada musim mendatang.

“Kalau anjlok diawal musim panen seperti ini, diakhir musim nanti seperti apa lagi derita yang ditanggung petani. Bagi yang punya sawah sendiri mungkin tak seberapa rugi, bagaimana kalau yang sewa apa bisa balik modal. Apalagi saat ini hasil panen kurang bagus karena diserang hama wereng dan sundep,” terangnya.

Baca Juga :  Sukses Kuasai Rutan Dalam Waktu Singkat, Ketua DPRD Siak Apresiasi Kinerja Kepolisian

Ia juga berharap, agar masalah anjloknya harga gabah bisa mendapat perhatian serius dari Pemerintah.

“Harapan saya selaku petani, pemerintah harus tanggap terhadap masalah yang kami keluhkan saat ini,” tutupnya.

 

Laporan: Koko

 



ucapan selamat idul adha dari publiknews

Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar