oleh

Dengan KUR, Pangan Terjamin, Warga Sejahtera

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Bupati Siak Drs H Alfedri MSi terus berkeliling dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya untuk menyosialisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Bungaraya adalah kecamatan yang menjadi andalan Bupati Alfedri untuk pemanfaatan KUR yang dilakukan para petani. Mengingat rendahnya bunga KUR, sehingga tidak mencekik para petani. Malah sebaliknya petani akan terbantu usahanya, baik dalam bentuk pertanian maupun peternakan.

Meski sedikit terlambat, antusiasme peserta sosialisasi yang terdiri dari penghulu dan pelaku usaha begitu terlihat saat Bupati Alfedri memberikan penjelasan.

Bupati pengawal penjualan tentang Covid-19 dan dampaknya bagi perekonomian masyarakat terutama petani.

Baca Juga :  PT BKM Tak Komitmen, Bendungan Terpaksa Dijebol dengan Cara Manual Oleh Petani

Tidak lama Bupati Alfedri menjelaskan manfaat KUR dan kemudahan yang diberikan bank, yang terdiri dari BRK Cabang Siak, BRI dan Mandiri.

Himpunan Bank Negara (Himbara) dan Dinas Pertanian sebagai penggerak agar masyarakat memanfaatkan KUR. Sementara Bupati Siak, berusaha meyakinkan, selain bunga rendah, KUR aman untuk petani.

Apa yang menjadi konsen dan fokus petani saat ini, Bupati ingin dapat dikembangkan. Sehingga kehidupan para petani di Bungaraya akan semakin baik dan sejahtera.

Jawabannya dengan memanfaatkan KUR yang tanpa agunan untuk pinjaman maksimal Rp50 juta. Di atasnya sampai Rp500 juta wajib ada agunan.

Baca Juga :  Meski Proyek P3A Desa Kubu I Rohil Banyak Kendala, Kades Muhlisin Pastikan Proyek Tetap Berjalan

Tanya jawab sempat terjadi antara peserta sosialisasi dengan pihak bank. Terutama seputar agunan dan kemudahan yang diberikan.

Sementara Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Siak Arisman menjalakan tidak sulit syarat mendapatkan KUR. Selain KK, KTP atau NIK, petani wajib menjelaskan rencana anggaran biaya untuk perkebunan atau menanam holtikultura, sehingga jelas berapa anggaran yang diperlukan.

“Tidak ada persyaratan yang menyulitkan petani. Karena KUR ini memang ditujukan untuk petani,” jelas Alfedri, Rabu (22/7/2020) di aula kantor Kecamatan Bungaraya.




Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: [email protected] atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar