Cobain ‘Dark Mode’ Fitur Terbaru Instagram



TEKNO, (Publiknews.com) – Setelah diuji coba oleh beberapa pengguna beberapa hari terakhir, Instagram ‘Dark Mode’ akhirnya resmi dirilis bagi para pengguna iPhone iOS 13, hari ini (8/10/19). Mode gelap ini dapat membuat mata pengguna merasa lebih nyaman saat berselancar di sana.

Baca Juga :  Instagram Luna Maya Ternyata Diretas Orang Turki

Seperti halnya Twitter, mode gelap di Instagram ini juga harus diaktifkan terlebih dahulu. Tidak semata langsung otomatis berganti tampilan sekali pun pengguna telah meng-update aplikasi Instagram-nya.

Bedanya, cara mengaktifkan mode gelap di Instagram tidak langsung di aplikasinya, melainkan di pengaturan gawaimu. Maka dari itu, kecanggihan smartphone-mu berperan besar di sini.

Nah, terus gimana, sih, cara mengaktifkan mode gelap Instagram pada iPhone kita? Apakah semudah ketika mengubah tampilan layar Twitter? Berikut caranya.

1. Pasang iOS 13 pada iPhone

Ini hal terpenting yang harus kalian perhatikan. Pastikan iPhone-mu sudah terpasang iOS 13, sebab, hanya iOS itu saja yang mendukung mode gelap ini.

2. Aktifkan mode gelap

Berbeda dengan Twitter, untuk mengaktifkan mode gelap pada Instagram, kamu harus mengaktifkan mode gelap pada iPhone-mu terlebih dahulu. Jadi tidak bisa ujug-ujug mengaktifkannya langsung pada aplikasi.

Cara mengaktifkan mode gelap pada iPhone, yaitu buka settings/pengaturan –> Display –> pilih Dark Mode.

3. Pasang Instagram terbaru

Setelah mengaktifkan mode dark pada iPhone, selanjutnya unduh ulang Instagram-mu. Hanya Instagram versi terbaru yang mendukung mode gelap ini.

4. Buka Instagram





Kalau Instagram versi terbarumu sudah terpasang, kamu hanya perlu buka aplikasinya, deh. Tampilan Instagram-mu akan otomatis terganti menjadi gelap.

Memang benar kalau ‘Dark Mode’ ini baru resmi diluncurkan bagi pengguna iPhone iOS 13. Tetapi, bagi para pengguna Android tidak perlu bersedih. Kamu juga bisa mencoba tampilan mode gelap di Instagram-mu, lho. Ya, walaupun dengan cara yang lebih ribet tentunya.

1. Ponsel mendukung

Langkah pertama adalah memastikan apakah ponsel Android kamu mendukung tampilan mode gelap. Ini hukumnya mutlak ya. Kalau ponselmu tidak mendukung ya berarti kamu belum bisa mencoba tampilan Instagram terbaru ini.

2. Aktifkan mode gelap

Sama seperti di iPhone, aktifkan dulu mode gelap di Androidmu. Caranya: Settings –> Display –> Night Mode –> On.

3. Gabung versi beta

Bagi yang gawainya sudah mendukung mode ini, silakan buka Play Store. Kemudian, scroll ke bawah sampai menemukan bacaan “You’re a Beta Tester” dan pilih Join Beta.

4. Download Instagram beta

Jika sudah berhasil bergabung ke versi beta, selanjutnya perbarui Instagram dengan mengunduh Instagram versi beta.

Baca Juga :  Kominfo Blokir Ratusan Situs yang Memuat Konten Radikal dan Terorisme

5. Buka aplikasi

Hal terakhir yang harus kamu lakukan yakni membuka aplikasi Instagram-nya. Coba tes, apakah tampilan layarmu sudah berubah menjadi gelap.

Jadi, gimana? Apakah kamu berhasil mengaktifkan mode gelap Instagram ini? Oh iya, kalau kamu mau mengembalikan tampilan layar Instagram seperti semula, kamu hanya perlu menonaktifkan mode gelap di pengaturan gawaimu.(kumparan)

 

Editor: Ge. Setiawan

Baca Juga :  Luncurkan Fitur Baru, Google Maps Kini Bisa Cek Kecepatan Kendaraan





Loading...

Komentar

Tanggapan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed