oleh

Raih Moeslem Choice Award Jelang Masa Akhir Jabatan, Bupati Irwan Masuk Tokoh Muslim Berpengaruh di Indonesia

MERANTI, PUBLIKNEWS.COM – Jelang masa akhir jabatannya sebagai Bupati Kepulauan Meranti, Riau, Irwan Nasir mendapat pengakuan sebagai salah satu tokoh muslim berpengaruh di Indonesia. Dia pun dianugerahkan penghargaan Moeslem Choice Award 2020 pada malam penghargaan Moslem Choice Award ke-3 yang digelar di Auditorium TVRI, Senayan, Jakarta, Senin (21/12/2020) malam.

Ajang Moslem Choice Award ini digelar oleh Majalah Moslem Choice dalam rangka ulang tahun ke-3, dengan menyeleksi tokoh-tokoh Islam nasional dan daerah yang berperan dan memberi pengaruh besar di berbagai kategori. Irwan pula diberi penghargaan untuk kategori Good Governance bidang ketahanan pangan dimana atas perannya baik sebagai Bupati dan Ketua Koalisi Pemerintah Daerah Penghasil Sagu Indonesia yang telah berhasil mengangkat sagu menjadi salah satu sumber pangan nasional.

Selain mendorong ekonomi ummat, Irwan juga dianggap memberikan solusi ketahanan pangan ummat menghadapi masalah semakin terbatasnya persediaan beras. “Bupati Irwan dinilai berpengaruh besar di bidang ketahanan pangan nasional dengan mengangkat sagu sebagai salah satu sumber pangan nasional padahal sagu nyaris ditinggalkan,” ujar pembaca acara.

Baca Juga :  Ini dia Sepak Terjang 5 Terduga Teroris Sibolga dan Riau

Pemberian award ke-3 ini agak berbeda dari sebelumnya karena berbagai pembatasan akibat covid-19. Jumlah penerima yang hadir secara fisik pun dibatasi. Selain itu, dari segi teknis penyerahan award, penerima diminta mengambil sendiri award yang disediakan di meja dan langsung diminta memberikan pidato singkat.

“Hal ini untuk mengurangi semakin banyak yang memegang award ini,” tambah pembawa acara.

Bupati Irwan dalam pidato ringkasnya mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut. Menurutnya, upaya berat mengangkat sagu didasari keyakinan akan kearifan masyarakat lokal dalam mengembangkan tanaman sagu dan mengolahnya menjadi sumber pangan.

Baca Juga :  Diduga Hilang Kendali, Mobil Box Pembawa Mie Instant di Siak Tabrak Tiang Listrik Hingga Patah

“Sagu adalah pangan asli tanah air yang menyehatkan. Kebutuhan beras kita semakin meningkat sementara produksi beras makin menurun. Sagu dapat menjadi sumber pangan yang lebih baik dari beras,” tegas Irwan.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petani dan pelaku usaha sagu. Ucapan sama juga diberikan kepada pihak-pihak yang telah memberikan atensinya untuk pengembangan sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti. “Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Meranti,” singkatnya.




Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar