oleh

Besok Jokowi Akan Menerima Gelar Adat Tertinggi LAM Riau

PEKANBARU, (Publiknews.com) – Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau besok, Sabtu (14/12) akan laksanakan Penabalan Gelar Adat terhadap Presiden Joko Widodo. Tak tanggung-tanggung, Presiden rencananya akan menerima gelar adat tertinggi LAM Riau.

Seperti dijadwalkan, LAM Riau akan taja Penabalan Gelar Adat terhadap Presiden Jokowi pada kunjungannya ke Riau, besok. Dimana Jokowi akan menerima gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara.

Dijelaskan Ketua LAM Riau Syahril Abu Bakar gelar adat yang akan disandang Presiden merupakan gelar tertinggi LAM Riau.

“Datuk Seri Setia Amanah Negara bermakna pemimpin puncak yang bercahaya cemerlang, taat setia secara penuh dalam menunaikan amanah negara yang dibebankan kepadanya,” tuturnya.

Baca Juga :  Heboh Penemuan Koper Berisi Sabu dan Ekstasi oleh Warga di Bengkalis, Riau

Sementara, hingga saat ini persiapan gelaran yang berpusat di gedung LAM Riau yang berlokasi di jalan Diponegoro, Pekanbaru terus dilaksanakan secara maksimal.

Dari pantauan Gatra.com, kegiatan gladi resik masih dilakukan. Bahkan pengamanan dari pihak kepolisian dan TNI juga turut dikerahkan.

Rencannya, kegiatan Penabalan Gelar Adat tersebut akan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB. Dimana beberapa prosesi akan diikuti presiden beserta istri.

“Nanti akan kita awali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) penganugerahan gelar adat yang langsung akan diserahkan oleh Ketua LAM. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan warkah dan pemasangan tanjak, keris dan selempang” sebutnya.

Baca Juga :  Jokowi Putuskan Tiadakan Ujian Nasional 2020 Imbas Corona

Kemudian, Presiden beserta ibu akan didudukkan dalam singgasana layaknya pengantin dan memasuki prosesi tepung tawar dan ditutup dengan doa dan makan beradat.

Selain menghadiri kegiatan pemberian gelar adat dari LAM Riau, kunjungan presiden ke Riau ini juga mengagendakan beberapa kegiatan.

Seperti sertifikat tanah di Rumah Dinas Gubernur Riau, kemudian menghadiri pagelaran budaya tarian adat di GOR Remaja Kota Pekanbaru serta silaturahmi dengan pimpinan pesantren Al-Kautsar.

Sumber: Gatra.com
Editor: Ge. Setiawan


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Disebut Terlibat Pengaturan Skor Final AFF 2010, ini Klarifikasi Maman Abdurrahman



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar