oleh

Sikap Pemerintah dan DPRD Siak Dinilai Ogah Tangani Soal Rekrutmen TK Lokal, KNPI Tualang Akan Gelar Aksi Demo

SIAK, (Publiknews.com) – Sebelumnya telah dilakukan dengar pendapat atau hearing bersama Komisi IV DPRD Siak dan Disnaker Siak dengan PT Truba Jaga Cita mengenai penempatan tenaga kerja lokal di daerah Kecamatan Tualang.

Baca Juga :  Dugaan Langgar Aturan Rekrut Tenaga Kerja oleh PT Truba, Ketua PK-KNPI Tualang: Minta Pihak Terkait Lakukan Penelusuran

Hearing atau dengar pendapat tersebut memanggil pihak perusahaan, dengan menghadirkan langsung Organisasi Pemuda atau Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK-KNPI) Tualang, Senin (1/7/2019) lalu.

Dimana notulen hasil hearing yang dilaksanakan di Gedung Panglima Ghimbam DPRD Kabupaten Siak, adapun kesepakatan yang dilakukan dari hasil heaering tersebut, di antaranya yakni, ‘Perlunya keterbukaan komunikasi dan informasi tentang rekrutmen yang di adakan oleh PT Truba Jaga Cita, untuk mengisi lowongan kerja bagi masyarakat tempatan (lokal)’.

Dengar pendapat atau hearing saat itu, juga dihadiri langsung oleh perwakilan dari perusahaan (PT TJC) Wilayah Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak Trisge.

Dengan demikian, dari hasil hearing tersebut hingga saat ini, PK-KNPI Tualang belum mendapatkan hasil keputusan atau keterbukaan terkait rekrutmen oleh PT Truba Jaga Cita. Terkesan PT TJC, justru tidak perduli dengan keberadaan tenaga kerja lokal, khususnya di Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Meski sebelumnya telah dilakukan hearing bersama PT TJC, justru PT Truba tidak mengindahkan point-point penting didalam perekrutan tenaga kerja sesuai Perda Siak Nomor 11 Tahun 2001.

Baca Juga :  Banyak Perusahaan Beroperasi Di Tualang Ogah Pakai Tenaga Kerja Lokal

“Hingga telah dilaksanakanya hearing, namun PT Truba sepertinya tetap tidak transparan, dan tidak mengutamakan tenaga kerja lokal sesuai Perda Siak. Kita (KNPI) Tualang minta keseriusan dari pemerintah dan DPRD Siak (Komisi IV), mengenai penerimaan tenaga kerja lokal, serta penegakan Perda tersebut,” jelas Ketua PK-KNPI Tualang Ika Rahman kepada awak media ini, Rabu (14/8/2019) malam.

PK-KNPI Tualang menilai (menduga), kata Ika, hingga saat ini sepertinya Pemerintah Kabupaten Siak atau dinas terkait, tidak serius dalam hal menanggapi persoalan maupun mengatasi apa yang menjadi keluhan dari masyarakat, khususnya tenaga kerja lokal di Kecamatan Tualang.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar